Rabu, 17 Januari 2018

SENGKETA PERADI








SENGKETA PERADI :

Suatu KAJIAN HUKUM dari LEMBAGA KAJIAN HUKUM DAN MASYARAKAT yang bekeja sama dengan Lembaga Survey Masyarakat Surabaya sebagai berikut :

Pada akhirnya muncul juga adanya SENGKETA diantara KETIGA nama ORGANISASI ADVOKAT PERADI.

Kini muncul GUGATAN PERADI Versi PERADI Slipi atau Fauzi Hasibuan terhadap PERADI Versi Juniver Girsang dan Luhut Pangaribuan dalam Perkara No.667/Pdt.G/2017/PN.Jkt. yang intinya melarang kedua PERADI tersebut menggunakan nama PERADI (Sumber Berita : Indonesia News).

Permasalahannya :

Untuk Penyumpahan atas nama PERADI sekarang ini harus menggunakan AHU dari MENKUMHAM, karena ORGANISASI ADVOKAT PERADI itu sendiri tidak punya AHU.

Sehingga untuk menyiasati itu semua akhirnya PERADI Fauzi cabang Surabaya menggunakan Nama PERADI SURABAYA (Bukan PERADI thok !), begitu juga PERADI Juniver untuk cabang Surabaya menggunakan nama PERADI KOTA BESAR SURABAYA (Bukan nama “PERADI” thok !).

Nama PERADI SURABAYA dan PERADI KOTA BESAR SURABAYA itu sudah berbadan hukum sendiri-sendiri oleh karenanya sudah punya AHU sendiri-sendiri.

Hal ini nampak jelas keduanya yaitu Nama PERADI SURABAYA dan PERADI KOTA BESAR SURABAYA telah terdaftar di POSBAKUM Pengadilan Negeri Surabaya.

Permasalahannya :

PERADI sendiri itu statusnya sebagai apa ...

Kalau sebagai ORGANISASI ADVOKAT, pertanyaannya apakah kini beranggotakan person advokat itu sendiri yang terdiri dari beberapa advokat atau kumpulan dari BADAN HUKUM ORGANISASI ADVOKAT ...

Karena danpak YURIDIS nya tentu akan BERBEDA ...

Dulu Komitmen terbentuknya PERADI dari Komite Kerja Advokat Indonesia (KKAI) ... PERADI adalah Wadah tunggal yang menaungi seluruh angota advokat ... bukan BADAN HUKUM Advokat itu sendiri.

Munculnya fenomena BADAN HUKUM ADVOKAT baru adalah karena pecahnya PERADI menjadi tiga PERADI yang hal ini juga berimbas pada PECAHNYA oraganisasi ADVOKAT lain.

KONGRES ADVOKAT INDONESIA ... Pecah menjadi dua ...
IKADIN ... Pecah menjadi dua ...
PERADIN ... Pecah menjadi dua ...

Disusul dengan berdirinya para ORAGANISASI ADVOKAT baru yaitu diantaranya PERARI dan PERADRI ...

Hal ini semua terjadi akibat adanya :

KEKISRUHAN pemilihan Ketua organisasi advokat Peradi ... yang berujung pada pecahnya ADVOKAT PERADI.

Protesnya dari sebagian anggota PERADI sehingga memunculkan organisasi advokat baru yang bernama KONGRES ADVOKAT INDONESIA (atau yang disebut dengan KAI).

Lahirnya kembali organisasi advokat yang dulu pernah ada yaitu PERADIN.

Adanya Surat KETUA MAHKAMAH AGUNG No.073 ...


Permasalahannya :

Kini TEKNOLOGI INFORMATIKA telah mengiringi sejarah administrasi di Negeri ini ...

Kalau membentuk BADAH HUKUM baru ... KOMPUTERISASI akan menolak nama yang sama ...

Adanya nama PERADI diembel-embeli nama SURABAYA untuk PERADI Cabang kota Surabaya ... ternyata KOMPUTERISASI masih menerima ... sehinga bisa terbentuk nama PERADI SURABAYA begitu pula nama PERADI KOTA BESAR SURABAYA ...

Permasalahannya :

Kalau sudah ada GUGATAN tentang sesama PERADI ... maka KOMPUTERISASI akan menolak semua nama yang ada kata “PERADI” walaupun itu diembel-embeli nama kota atau kalimat lainnya sebab hal ini informasinya sudah terjadi di ORGANISASI ADVOKAT PERADIN.

Dan ternyata dalam kenyataannya ... PERADI saat ini sudah saling MENGGUGAT ...

Kalau ini juga terjadi pada PERADI maka akan berakibat untuk cabang yang belum ada BADAN HUKUM tersendiri maka harus menggunakan nama lain ... artinya tidak bisa menggunakan nama PERADI karena PERADI selain tidak punya AHU dan maka tidak lagi bisa membentuk badan hukum baru dengan Nama PERADI yang diembel-embeli itu ... dan kalau dibuat nama lain artinya selain PERADI ... maka hal ini akan merupakan PROBLEM BARU ... dengan pertanyaan ... Maukah PERADI mewadahi nama lain selain nama yang ada kata PERADI nya ... sebab kalau tidak mau demikian maka ... tidak akan terjadi penyumpahan untuk organisasi advokat cabang peradi ... diwilayah yang belum ada nama PERADI berembel-embel itu ... sebab PENGADILAN TINGGI tentu tidak akan mau menyumpah karena tidak memenuhi syarat ...

Lembaga Kajian Hukum ini adalah suatu ORMAS yang PEDULI terhadap masyarakat termasuk masyarakat Advokat ...

LKHM selalu mohon masukan baik itu berupa KRITIK maupun saran atau tangapan yang bernuansakan KEBENARAN ...

Semua ini ditulis tidak ada maksud JELEK ... dan berharap semua masyarakat akan tahu KEBERADAAN ORGANISASI ADVOKAT masa kini ... Karena ADVOKAT adalah PEMBELA MASYARAKAT ...
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENGAJARI MAHASISWA

LBH JAYA NUSANTARA ... Tetap mengajari MAHASISWA  ... Tentang pemahaman HUKUM di Negeri ini  ...  Walaupun antara TEORI dan PRAKTEK ny...